KANALSUARA.ID – Dalam memahami capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase dibutuhkan penjelasan terkait.
Ini melihat kebingungan sebagian orang ketika menjawab.
Model pernyataan demikian umumnya ditemui dalam soal-soal post tes Merdeka Mengajar.
Khususnya dalam soal latihan pemahaman dan cerita reflektif. Langsung saja simak penjelasannya berikut.
Soal
Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase?
A. Benar
B. Salah
Jawaban
Seperti yang diketahui dalam pembelajaran, kompetensi inti dan konten esensial menjadi kesatuan yang harus dipenuhi peserta didik. Ini artinya pernyataan yang dituliskan pada soal adalah benar.
Mengacu pada kompetensi inti yang berarti kemampuan dasar para peserta didik dalam mengembangkan beberapa elemen.
Dimana berupa kepribadian, sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Sementara konten esensial mengacu pada materi pembelajaran yang diberikan dan sepatutnya dikuasai.
Baik kompetensi inti maupun konten esensial, peserta didik harus mampu mengikuti apa yang sudah dihantarkan.
Penjelasan
Dalam kompetensi inti dan konten esensial dikenal sejumlah contoh yang mana berlaku di Indonesia. Diantaranya dapat diperhatikan berikut ini:
1. Kompetensi Inti
Kompetensi ini berupa penghayatan dan pengamalan keyakinan atau agama yang dianut.
Kemudian penghayatan akan perilaku jujur, tanggungjawab, disiplin, santun, percaya diri, dan lain-lain sesuai norma.
Contoh kompetensi inti juga berupa pemahaman, penerapan, dan analisis akan bidang keilmuan. Seperti teknologi, ilmu pengetahuan yang luas, dan humaniora.
Tanpa menghilangkan aspek kenegaraan, kemanusiaan, peradaban, dan kebangsaan.
Pengembangan diri secara mandiri dan kreatif dengan menggunakan metode keilmuan yang efektif melengkapi kompetensi inti peserta didik.
Dalam pengembangan diri penalaran dan penyajan perlu dimasukkan.
Kemampuan prosedural nantinya mendukung bakat dan minat yang dimiliki. Prosedural membantu di setiap penyelesaian suatu masalah.
2. Konten Esensial
Beralih ke konten esensial yang terdiri atas pendalaman akan ajaran agama atau keyakinan yang dianut.
Lalu pemahaman akan etika dan moral di kehidupan sehari-hari.
Penguasaan prinsip dan konsep dasar keilmuan. Seperti ilmu matematika, ilmu seni, bahasa, ilmu ipa dan ips, serta berbagai keilmuan lainnya yang diberikan dalam pembelajaran.
Kemudian pengembangan diri dalam kerjasama, tanggungjawab, mandiri, dan toleransi. Di samping itu, pola pikir kreatif, analisis, dan kritis perlu dicapai oleh masing-masing peserta didik.
Sederhananya, capaian pembelajaran menjadi satuan dalam pendidikan menengah dan dasar dengan konten esensial dan kompetensi inti. Secara komprehensif capaian disusun agar materi yang diberikan lebih lengkap.
Di masa mendatang, capaian pembelajaran dalam satu fase bisa menggambarkan kemajuan belajar.
Peserta didik dinilai berdasarkan kriteria penilaian apakah kompetensi inti dan konten esensial tercapai atau tidak.
Pernyataan mengenai capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase adalah benar.
Namun kembali pada kurikulum dan cakupan di masing-masing fase pembelajaran.***
Tim Redaksi