Kanalsuara.id – Dijaman modern ini, belanja online memang sudah populer di kalangan masyarakat.
Pasalnya, hanya melalui smartphone bisa membeli barang yang diinginkan tanpa harus keluar rumah atau datang ke tokonya langsung.
Banyak sekali market place atau online shop yang menawarkan kemudahan, diskon dan promo-promo menarik.
Sehingga menarik minat banyak orang untuk berbelanja di toko online tersebut. salah satu platform toko online yang terkenal di Indonesia adalah Shoppe.
Pembelian online di Shopee menjadi lebih mudah dan praktis, namun terkadang ada kondisi dimana Anda ingin membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Entah itu karena salah memilih barang atau hal lainnya.
Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee
1. Pembatalan Instan
2. Pembatalan Non Instan
3. Pembatalan Otomatis
Cara Mudah Membatalkan Pesanan di Shopee
1. Masuk ke Akun Shopee Anda
2. Temukan Pesanan yang Ingin Dibatalkan
3. Klik Tombol Batalkan Pesanan
4. Pilih Alasan Pembatalan
5. Konfirmasi Pembatalan
Sebelum menuju ke cara membatalkan pesanan, alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa-apa saja jenis pembatalan pesanan di Shopee.
Berikut ini adalah tiga jenis pembatalan pesanana di Shopee yang perlu diketahui.
1. Pembatalan Instan
Pembatalan instan dapat dilakukan secara langsung tanpa perlu menunggu respons dari Penjual.
Namun, jenis pembatalan ini juga memilik syarat dan ketentuan yaitu, diajukan sebelum penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi.
Biasanya batas waktunya adalah 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.
2. Pembatalan Non Instan
Kemudian untuk jenis pembatalan noninstan ini dapat Anda lakukan apabila penjual sudah mengatur pengiriman dan memasukkan nomor resi.
Namun, Anda harus menunggu respon dan mendapat persetujuan dari seller atau penjual terlebih dahulu.
Pada jenis pembatalan ini, penjual berhak menolak pengajuan pembatalan pesanan Anda apabila barang telah terlanjur dikirim.
Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih pengajuan pengembalian barang dengan alasan tertentu jika memang diperlukan.
Jadi intinya, cara membatalkan pesanan yang sudah diproses atau cara membatalkan pesanan shopee yang sudah dikirim,
Anda membutuhkan persetujuan dari penjual terlebih dahulu. Maka dari itu, sebaiknya Anda chat saller dan berdiskusi mengenai masalah tersebut.
3. Pembatalan Otomatis
Berbeda dengan kedua jenis pembatalan pesanan di atas, pembatalan otomatis akan terjadi jika seller tidak segera memproses pengiriman dan memasukkan resi barang yang Anda pesan sampai batas waktu pengemasan berakhir.
Alasan lain pesanan Anda dibatalkan otomatis karena penjual tidak menyerahkan paket ke kurir.
Biasanya batas waktunya adalah 2 hari sejak resi keluar atau sejak masa pengemasan.
Cara Mudah Membatalkan Pesanan di Shopee
Mungkin bagi yang baru pertama kali belanja online di shopee akan binggung menghadapi masalah tertsebut.
Jika metode pembayaran COD mungkin agak sedikit tenang, tapi bagaimana jika sudah dibayar? Pasti takut dana yang sudah ditransfer tidak kembali.
Lantas bagaimana cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dibayar dengan shopeepay, bayar di indomaret atau transfer lewat ATM?
Anda tida perlu khawatir, karena hari ini InfoTerbaru.id akan berbagai tips cara untuk membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar maupun belum (metode pembayaran COD), sepeti di bawah ini.
1. Masuk ke Akun Shopee Anda
Untuk membatalkan pesanan, Anda harus masuk atau login ke akun Shopee Anda terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar dengan mengklik tombol “Daftar” di halaman utama Shopee.
2. Temukan Pesanan yang Ingin Dibatalkan
Setelah masuk ke akun Anda, Anda dapat melihat daftar pesanan yang sudah dibuat. Cari pesanan yang ingin Anda batalkan dan klik tombol “Detail” untuk melihat informasi lebih lanjut.
3. Klik Tombol Batalkan Pesanan
Di halaman detail pesanan, Anda akan menemukan tombol “Batalkan Pesanan” di bagian bawah halaman. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pembatalan pesanan.
4. Pilih Alasan Pembatalan
Shopee akan menanyakan alasan mengapa Anda ingin membatalkan pesanan. Pilih alasan yang sesuai dan klik tombol “Konfirmasi” untuk melanjutkan.
5. Konfirmasi Pembatalan
Anda akan menerima konfirmasi pembatalan pesanan. Pastikan untuk membaca dengan seksama dan klik tombol “Ya” jika Anda yakin ingin membatalkan pesanan.
Ingat bahwa pembatalan pesanan hanya dapat dilakukan sebelum status pesanan berubah menjadi “Dikemas” atau “Dikirim”.
Dalam situasi ini, Anda bisa melihat keterangan pada jenis pembatalan noninstan di atas.
Jika Anda mengalami kesulitan dalam membatalkan pesanan, Anda dapat menghubungi dukungan pelanggan Shopee untuk bantuan lebih lanjut.***